Tuhan tidak menetapkan kejahatan dan penyesatan

Predestinasi versi Agustinianism / Calvinism mengatakan bahwa sebelum dunia dijadikan, Tuhan sudah menetapkan segala sesuatu, termasuk segala kejahatan, kesesatan dan orang-orang tidak terpilih sudah diciptakan untuk dilemparkan kedalam neraka kekal.

Tetapi Alkitab mendefinisikan predestinasi alkitabiah bahwa Tuhan sudah menetapkan semua manusia yang dengan kehendak bebasnya memilih didalam Kristus Yesus untuk mendapatkan keselamatan jiwa, hidup kekal. Dan semua yang memilih menolak Tuhan sudah ditetapkan untuk neraka kekal.

Dimana bedanya?

Versi Agustinianisme/Kalvinisme mengatakan bahwa manusia tidak mempunyai kemampuan untuk memilih untuk bertobat. Tuhan yang sudah memilih/menetapkan orang yang bisa/boleh bertobat dan selain itu, Tuhan tetapkan mereka tidak sanggup bertobat supaya bisa dilempar kedalam neraka kekal.

Versi predestinasi alkitabiah jelas menegaskan tanggung jawab manusia apakah mau memilih jalan Tuhan, bertobat dan mendapat keselamatan kekal yang Tuhan janjikan, atau memilih tetap memberontak bersama iblis dan dilemparkan kedalam neraka kekal.

Alkitab sangat jelas bahwa Tuhan tidak menetapkan kejahatan. Tuhan tidak ingin ada yang masuk neraka kekal. Tuhan ingin manusia bertobat!

Tuhan tidak menetapkan kejahatan

Benar Tuhan menetapkan gunung meletus, hujan, banjir, dsb. Semua hal jasmani pasti dibawah kendali Tuhan.

Tetapi Tuhan memberikan kehendak bebas untuk memilih kehidupan kekal yang Tuhan sediakan untuk semua manusia atau memilih bersama iblis di neraka kekal yang tadinya Tuhan siapkan untuk iblis.

Mereka terlalu berani menuduh dan memfitnah bahwa Tuhan menetapkan kejahatan. Tuhan menetapkan Adam untuk berdosa. Tuhan menetapkan Yudas untuk berkhianat.

Yeremia 7:31 Mereka telah mendirikan bukit pengorbanan yang bernama Tofet di Lembah Ben-Hinom untuk membakar anak-anaknya lelaki dan perempuan, suatu hal yang tidak pernah Kuperintahkan dan yang tidak pernah timbul dalam hati-Ku.
19:5 Mereka telah mendirikan bukit-bukit pengorbanan bagi Baal untuk membakar anak-anak mereka sebagai korban bakaran kepada Baal, suatu hal yang tidak pernah Kuperintahkan atau Kukatakan dan yang tidak pernah timbul dalam hati-Ku.

Tuhan tidak menetapkan penyesatan

Mereka menciptakan tuhan yang maha celaka.

Matius 18:6 “Tetapi barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil ini yang percaya kepada-Ku, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia ditenggelamkan ke dalam laut. 18:7 Celakalah dunia dengan segala penyesatannya: memang penyesatan harus ada, tetapi celakalah orang yang mengadakannya. 18:8 Jika tanganmu atau kakimu menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu masuk ke dalam hidup dengan tangan kudung atau timpang dari pada dengan utuh kedua tangan dan kedua kakimu dicampakkan ke dalam api kekal. 18:9 Dan jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu masuk ke dalam hidup dengan bermata satu dari pada dicampakkan ke dalam api neraka dengan bermata dua. 18:10 Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga. 18:11 (Karena Anak Manusia datang untuk menyelamatkan yang hilang.)”

Tuhan tidak menetapkan pengkhianatan

Matius 14:21 Anak Manusia memang akan pergi sesuai dengan yang ada tertulis tentang Dia, akan tetapi celakalah orang yang olehnya Anak Manusia itu diserahkan. Adalah lebih baik bagi orang itu sekiranya ia tidak dilahirkan.”
26:24 Anak Manusia memang akan pergi sesuai dengan yang ada tertulis tentang Dia, akan tetapi celakalah orang yang olehnya Anak Manusia itu diserahkan. Adalah lebih baik bagi orang itu sekiranya ia tidak dilahirkan.”

Tuhan Maha Kudus tidak menetapkan dosa

Dosa adalah kejahatan dan kenajisan. Terlalu berani mereka menuduh dan memfitnah Tuhan menetapkan kejahatan dan kenajisan.

Mereka menciptakan tuhan yang maha najis.

Markus 7:20 Kata-Nya lagi: “Apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya, 7:21 sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, 7:22 perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan. 7:23 Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang.”

Tuhan tidak menetapkan dusta

Mereka menyamakan Tuhan dengan bapa segala dusta.

Yohanes 8:44 Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta

Tuhan menuntut pertobatan

Mereka menciptakan tuhan yang maha munafik.

2Petrus 3:9 Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

Yehezkiel 33:11 Katakanlah kepada mereka: Demi Aku yang hidup, demikianlah firman Tuhan ALLAH, Aku tidak berkenan kepada kematian orang fasik, melainkan Aku berkenan kepada pertobatan orang fasik itu dari kelakuannya supaya ia hidup. Bertobatlah, bertobatlah dari hidupmu yang jahat itu! Mengapakah kamu akan mati, hai kaum Israel?
33:14 Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti mati! –tetapi ia bertobat dari dosanya serta melakukan keadilan dan kebenaran, 33:15 orang jahat itu mengembalikan gadaian orang, ia membayar ganti rampasannya, menuruti peraturan-peraturan yang memberi hidup, sehingga tidak berbuat curang lagi, ia pasti hidup, ia tidak akan mati. 33:16 Semua dosa yang diperbuatnya tidak akan diingat-ingat lagi; ia sudah melakukan keadilan dan kebenaran, maka ia pasti hidup.

Lukas 5:32 Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat.

Tuhan menuntut iman

Matius 16:15 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. 16:16 Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.”

Mark 1:15 Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!

1Timotius 4:10 Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juruselamat semua manusia, terutama mereka yang percaya.

Manusia memiliki kehendak bebas dan tanggung jawab

Mereka menciptakan tuhan yang maha munafik yang menuntut pertobatan dan iman tetapi tidak memberikan manusia kehendak bebas untuk memilih bertobat dan beriman.

Mereka ingin melepaskan tanggung jawab pribadi atas kejahatan mereka.

Yeremia 18:11 Sebab itu, katakanlah kepada orang Yehuda dan kepada penduduk Yerusalem: Beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, Aku ini sedang menyiapkan malapetaka terhadap kamu dan merancangkan rencana terhadap kamu. Baiklah kamu masing-masing bertobat dari tingkah langkahmu yang jahat, dan perbaikilah tingkah langkahmu dan perbuatanmu! 18:12 Tetapi mereka berkata: Tidak ada gunanya! Sebab kami hendak berkelakuan mengikuti rencana kami sendiri dan masing-masing hendak bertindak mengikuti kedegilan hatinya yang jahat.

Tuhan sudah peringatkan

Tapi sangatlah wajar bagi manusia munafik untuk menciptakan tuhan yang lain yang maha munafik untuk memuaskan nafsu kemunafikan mereka sendiri.

Mereka menciptakan yesus yang lain yang menyerukan “celaka”, “percayalah!”, “bertobatlah!” tetapi mematikan kemampuannya untuk bertobat. Sungguh kemunafikan manusia menciptakan tuhan menurut nafsu mereka sendiri!

Mereka menciptakan tuhan yang lain, yang menetapkan segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan. Mereka menciptakan tuhan yang maha najis (Mark 7:20-23) supaya kenajisan mereka menjadi kewajaran.

Galatia 1:6 Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain, 1:7 yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus. 1:8 Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia. 1:9 Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia. 1:10 Jadi bagaimana sekarang: adakah kucari kesukaan manusia atau kesukaan Allah? Adakah kucoba berkenan kepada manusia? Sekiranya aku masih mau mencoba berkenan kepada manusia, maka aku bukanlah hamba Kristus.

2Korintus 11:1 Alangkah baiknya, jika kamu sabar terhadap kebodohanku yang kecil itu. Memang kamu sabar terhadap aku! 11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus. 11:3 Tetapi aku takut, kalau-kalau pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan kamu yang sejati kepada Kristus, sama seperti Hawa diperdayakan oleh ular itu dengan kelicikannya. 11:4 Sebab kamu sabar saja, jika ada seorang datang memberitakan Yesus yang lain dari pada yang telah kami beritakan, atau memberikan kepada kamu roh yang lain dari pada yang telah kamu terima atau Injil yang lain dari pada yang telah kamu terima. 11:5 Tetapi menurut pendapatku sedikitpun aku tidak kurang dari pada rasul-rasul yang tak ada taranya itu. 11:6 Jikalau aku kurang paham dalam hal berkata-kata, tidaklah demikian dalam hal pengetahuan; sebab kami telah menyatakannya kepada kamu pada segala waktu dan di dalam segala hal.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s