Separasi: Membedakan antara yang kudus dengan yang tidak kudus, antara yang najis dengan yang tidak najis

Imamat 10:10. Haruslah kamu dapat membedakan antara yang kudus dengan yang tidak kudus, antara yang najis dengan yang tidak najis,

Zaman Ibadah Simbolik

Pada zaman ibadah simbolik agak lebih mudah dan lebih jelas membedakan apa yang kudus dan tidak kudus, apa yang najis dan tidak najis.

Makanan

Misalnya makanan tertentu menjadi simbol haram (najis) sedangkan makanan lain netral (tidak najis).
Lalu, makanan dari hasil persembahan korban adalah kudus (bagian untuk imam yang dikuduskan) sedangkan makanan lainnya netral (tidak kudus, asal tidak najis).

Ulangan 15:19. “Segala anak sulung jantan yang lahir di antara lembu sapimu dan kambing dombamu, haruslah kaukuduskan bagi TUHAN, Allahmu; janganlah engkau memakai anak sulung lembumu, dan janganlah engkau menggunting bulu anak sulung dombamu.
20. Di hadapan TUHAN, Allahmu, engkau harus memakan dagingnya tahun demi tahun di tempat yang akan dipilih TUHAN, engkau ini dan seisi rumahmu.
21. Tetapi apabila ada cacatnya, jika timpang atau buta, bahkan cacat apapun yang buruk, maka janganlah engkau menyembelihnya bagi TUHAN, Allahmu.
22. Di dalam tempatmu boleh engkau, baik orang najis maupun orang tahir, memakan dagingnya, seperti daging kijang atau daging rusa.
23. Hanya darahnya janganlah kaumakan; haruslah kaucurahkan ke tanah seperti air.”

Maleakhi 1:8. Apabila kamu membawa seekor binatang buta untuk dipersembahkan, tidakkah itu jahat? Apabila kamu membawa binatang yang timpang dan sakit, tidakkah itu jahat? Cobalah menyampaikannya kepada bupatimu, apakah ia berkenan kepadamu, apalagi menyambut engkau dengan baik? firman TUHAN semesta alam.

Contoh yang lebih detilnya diatas, binatang yang cacat itu boleh dimakan (tidak najis, tidak kudus, ayat 22) sehingga boleh dimakan, tetapi jika binatang cacat ini dipersembahkan sebagai korban maka itu menjadi najis.

Pakaian

Kemudian, untuk pakaian, ada pakaian tertentu yang dilarang (najis) sedangkan pakaian lain netral (tidak najis)

Ulangan 22:5. “Seorang perempuan janganlah memakai pakaian laki-laki dan seorang laki-laki janganlah mengenakan pakaian perempuan, sebab setiap orang yang melakukan hal ini adalah kekejian bagi TUHAN, Allahmu.

Sedangkan tugas dalam jabatan imam harus menggunakan pakaian tertentu (kudus) yang tidak boleh dipakai diluar tugas jabatannya.

Keluaran 28:2. Haruslah engkau membuat pakaian kudus bagi Harun, abangmu, sebagai perhiasan kemuliaan.
3. Haruslah engkau mengatakan kepada semua orang yang ahli, yang telah Kupenuhi dengan roh keahlian, membuat pakaian Harun, untuk menguduskan dia, supaya dipegangnya jabatan imam bagi-Ku.
4. Inilah pakaian yang harus dibuat mereka: tutup dada, baju efod, gamis, kemeja yang ada raginya, serban dan ikat pinggang. Demikianlah mereka harus membuat pakaian kudus bagi Harun, abangmu, dan bagi anak-anaknya, supaya ia memegang jabatan imam bagi-Ku.

Minyak Urapan

Keluaran 30:22. Berfirmanlah TUHAN kepada Musa:
23. “Ambillah rempah-rempah pilihan, mur tetesan lima ratus syikal, dan kayu manis yang harum setengah dari itu, yakni dua ratus lima puluh syikal, dan tebu yang baik dua ratus lima puluh syikal,
24. dan kayu teja lima ratus syikal, ditimbang menurut syikal kudus, dan minyak zaitun satu hin.
25. Haruslah kaubuat semuanya itu menjadi minyak urapan yang kudus, suatu campuran rempah-rempah yang dicampur dengan cermat seperti buatan seorang tukang campur rempah-rempah; itulah yang harus menjadi minyak urapan yang kudus.
26. Haruslah engkau mengurapi dengan itu Kemah Pertemuan dan tabut hukum,
27. meja dengan segala perkakasnya, kandil dengan perkakasnya, dan mezbah pembakaran ukupan;
28. mezbah korban bakaran dengan segala perkakasnya, bejana pembasuhan dengan alasnya.
29. Haruslah kaukuduskan semuanya, sehingga menjadi maha kudus; setiap orang yang kena kepadanya akan menjadi kudus.
30. Engkau harus juga mengurapi dan menguduskan Harun dan anak-anaknya supaya mereka memegang jabatan imam bagi-Ku.
31. Dan kepada orang Israel haruslah kaukatakan demikian: Inilah yang harus menjadi minyak urapan yang kudus bagi-Ku di antara kamu turun-temurun.
32. Kepada badan orang biasa janganlah minyak itu dicurahkan, dan janganlah kaubuat minyak yang semacam itu dengan memakai campuran itu juga: itulah minyak yang kudus, dan haruslah itu kudus bagimu.
33. Orang yang mencampur rempah-rempah menjadi minyak yang semacam itu atau yang membubuhnya pada badan orang awam, haruslah dilenyapkan dari antara bangsanya.”

Perhatikan bagaimana Tuhan membedakan minyak biasa yang boleh dipakai oleh semua orang dengan minyak urapan yang dikhususkan, dikuduskan hanya boleh bagi Tuhan saja dan ancaman hukuman mati jika ada orang yang memakainya.

Zaman Ibadah Hakekat

Roma 10:4. Sebab Kristus adalah kegenapan hukum Taurat, sehingga kebenaran diperoleh tiap-tiap orang yang percaya.

Matius 11:13. Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes

Yohanes 4:20. Nenek moyang kami menyembah di atas gunung ini, tetapi kamu katakan, bahwa Yerusalemlah tempat orang menyembah.”
21. Kata Yesus kepadanya: “Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem.
22. Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi.
23. Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.
24. Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.”

Lalu, setelah semua ibadah simbolik digenapi dalam Yesus Kristus, maka sekarang masuk dalam ibadah hakekat dalam Kebenaran, bagaimana melaksanakan separasi?
Bagaimana membedakan apa yang kudus dan tidak kudus, apa yang najis dan tidak najis dalam ibadah hakekat?

Membedakan yang najis dan yang tidak najis.

Jika kita perhatikan dalam ibadah simbolik terlihat jelas semua yang najis dilarang dengan keras, bahkan beberapa pelanggaran diancam dengan hukuman mati.
Kita bisa lihat contoh misalnya bagaimana mengerikan kematian Nadab dan Abihu (Imamat 10) akibat pelanggaran mereka.

Secara sederhana, kita bisa menyimpulkan hal yang najis itu pada hakekatnya adalah dosa perbuatan dan dosa sepantasnya dihukum.
Sedangkan yang tidak najis itu hal-hal yang boleh dan tidak mendatangkan dosa maupun hukuman.

Roma 14:14. Aku tahu dan yakin dalam Tuhan Yesus, bahwa tidak ada sesuatu yang najis dari dirinya sendiri. Hanya bagi orang yang beranggapan, bahwa sesuatu adalah najis, bagi orang itulah sesuatu itu najis.

Jadi dalam ibadah hakekat sekarang, hal yang najis adalah hanya perbuatan moral yang menyebabkan dosa, sedangkan makanan minuman ataupun hari-hari tertentu sudah tidak ada lagi halal ataupun haram.

Membedakan yang kudus dan yang tidak kudus.

Kembali kita perhatikan dalam ibadah simbolik, semua hal kudus adalah semua hal yang berhubungan dengan Tuhan Yang Benar.
Kita lihat mengenai persembahan korban, mengenai tugas jabatan imam, semua itu berhubungan langsung dengan Tuhan Yang Benar.

Hanya hal-hal yang kudus yang boleh berhubungan dengan Tuhan, sedangkan semua hal-hal lain tidak boleh.
Bahkan hal-hal yang tadinya netral pun bisa menjadi najis jika berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Kudus.

Lihat kembali contoh binatang cacat (netral, tidak najis, boleh dimakan) tetapi bisa menjadi najis jika dipersembahkan kepada Tuhan.

Jadi, secara sederhana bisa dibuat kesimpulan, segala hal yang berhubungan dengan Tuhan itu harus kudus.

Imamat 19:2. “Berbicaralah kepada segenap jemaah Israel dan katakan kepada mereka: Kuduslah kamu, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, kudus.

Imamat 20:7. Maka kamu harus menguduskan dirimu, dan kuduslah kamu, sebab Akulah TUHAN, Allahmu.
26. Kuduslah kamu bagi-Ku, sebab Aku ini, TUHAN, kudus dan Aku telah memisahkan kamu dari bangsa-bangsa lain, supaya kamu menjadi milik-Ku.

Kekudusan dalam ibadah simbolik PL dilambangkan dengan makanan minuman, korban persembahan dan berbagai upacara untuk menghapus dosa.

1Petrus 1:16. sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.

Kini ibadah hakekat dalam Kebenaran, Tuhan Yesus Kristus Juruselamat yang SUDAH dikorbankan untuk menebus semua dosa setiap manusia
dan barangsiapa mau dibenarkan menjadi kudus harus bertobat dan percaya bahwa semua dosanya sudah dihukum diatas salib sehingga dia menjadi kudus dan boleh berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Kudus.

Orang Kudus

Hanya orang yang sudah dikuduskan yang boleh berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Kudus.

Ibrani 12:14. Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan.

Jemaat, Tubuh Kristus, Kudus

Jemaat adalah kumpulan orang-orang yang SUDAH dikuduskan untuk bersama-sama melanjutkan pekerjaan Tuhan

1Korintus 1:2. kepada jemaat Allah di Korintus, yaitu mereka yang dikuduskan dalam Kristus Yesus dan yang dipanggil menjadi orang-orang kudus, dengan semua orang di segala tempat, yang berseru kepada nama Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Tuhan mereka dan Tuhan kita.

Pujian, Musik dan Lagu Kudus

Topik ini cukup panjang dan memerlukan pembahasan terpisah.

Tetapi intinya seperti semua yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Kudus, maka lagu pujian bagi Tuhan pun harus lagu yang khusus yang menyenangkan Tuhan, bukan menyenangkan bagi tubuh kita (misal, enak untuk joged, kedengaran enak, nyaman, dsb).

Jadi, tiap-tiap orang punya musik favorit. Ada musik yang menyenangkan dia tapi mengganggu saya.

Ada musik yang menyenangkan saya, tapi mengganggu Tuhan.

Alkitab memberikan contoh puji-pujian yang menyenangkan bagi Tuhan menggunakan lagu himne.

http://alkitab.sabda.org/strong.php?id=5214

Ref:

Pekerjaan Kudus Jemaat Kudus

Pekerjaan Jemaat bukanlah membuat panti asuhan, panti jompo, rumah sakit, membantu korban bencana alam, dst.
Pekerjaan Jemaat yang dikuduskan adalah melanjutkan pekerjaan kudus Tuhan, untuk menyebarluaskan kabar baik bahwa semua orang yang mau menerima penebusan Tuhan Yesus akan menjadi orang kudus.

Dana Kudus

Matius 22:21. Jawab mereka: “Gambar dan tulisan Kaisar.” Lalu kata Yesus kepada mereka: “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.”

Siapa yang seharusnya memberikan (pajak) kepada Kaisar? Tentu saja semua orang yang mau tunduk kepada si Kaisar.
Siapa yang seharusnya memberikan uang (persepuluhan, sumbangan, dsb) kepada Tuhan? Tentu saja semua orang yang mau tunduk kepada Tuhan, yaitu JemaatNya.

Juga waktu pembangunan Bait Allah, para pemimpin Israel memisahkan diri dan tidak membiarkan campur tangan orang-orang yang belum dikuduskan.

Ezra 4:2. maka mereka mendekati Zerubabel serta para kepala kaum keluarga dan berkata kepada mereka: “Biarlah kami turut membangun bersama-sama dengan kamu, karena kami pun berbakti kepada Allahmu sama seperti kamu; lagipula kami selalu mempersembahkan korban kepada-Nya sejak zaman Esar-Hadon, raja Asyur, yang memindahkan kami ke mari.”
3. Tetapi Zerubabel, Yesua dan para kepala kaum keluarga orang Israel yang lain berkata kepada mereka: “Bukanlah urusan kita bersama, sehingga kamu dan kami membangun rumah bagi Allah kami, karena kami sendirilah yang hendak membangun bagi TUHAN, Allah Israel, seperti yang diperintahkan kepada kami oleh Koresh, raja negeri Persia.”

Bahkan orang Farisi sekalipun tidak mau menerima dana uang yang tidak kudus pada saat Yudas melemparkan uang hasil pengkhianatannya.

Bahkan, banyak penerbit berita independent (indie) menerapkan bentuk separasi dengan menolak bantuan pemerintah karena mereka sangat memahami pengaruh uang yang sangat amat besar.

Dana (uang) untuk keperluan pekerjaan Tuhan haruslah dari orang-orang kudus, oleh orang-orang kudus, untuk pekerjaan kudus Tuhan ataupun saudara-saudara didalam Kristus.

1Korintus 16:1. Tentang pengumpulan uang bagi orang-orang kudus, hendaklah kamu berbuat sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang kuberikan kepada Jemaat-jemaat di Galatia.

Roma 15:25. Tetapi sekarang aku sedang dalam perjalanan ke Yerusalem untuk mengantarkan bantuan kepada orang-orang kudus.
26. Sebab Makedonia dan Akhaya telah mengambil keputusan untuk menyumbangkan sesuatu kepada orang-orang miskin di antara orang-orang kudus di Yerusalem.

Kisah 11:29. Lalu murid-murid memutuskan untuk mengumpulkan suatu sumbangan, sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing dan mengirimkannya kepada saudara-saudara yang diam di Yudea.

Jika anda adalah orang yang sudah dikuduskan oleh penebusan Yesus Juruselamatmu diatas salib, kami membutuhkan dukungan anda!

Dukungan Anda

Tinggalkan komentar